Tips Cookies Hias

Tips cookies hias

Source : efiandra

Tips n Triks :

1. Untuk adonan kukis yang lembek seperti pada resep loli pop kukis yang menggunakan selai kacang, adonannya sangat lembek, mau ditambahin terigu berapapun adonannya tetap lembek tapi terlalu banyak terigu yang ditambahin ketika matang, kukis akan keras bukan krenyess seperti keinginan kita.
Tips n triks : Bentangkan plastik lalu giling adonan kukis setebal yang kita inginkan, cetakan dulu semua kukis yang kita inginkan lalu diamkan dalam freezer hingga mengeras, setelah mengeras baru bisa dipindahkan pada loyang yang telah dioleskan tipis mentega.Bisa juga adonan yang setengah lembek/setengah beku untuk lebih memudahkan dan bentuknya tidak berubah, mungkin dengan cara dikeletek dari plastiknya sehingga adonan tidak mudah berubah bentuknya, kemudian gunakan spatula/atau telapak tangan untuk memudahkan pemindahan ke loyang. makin besar kukis sebaiknay gunakan spatula yg makin besar misalnya bisa gunakan kape atau cookie spatula, pokoke gunakan spatula yg sesuai dgn ukuran kukis (maksudnya lebarnya)

2. Untuk adonan kukis seperti cheese button, kita bisa langsung mencetak dan memanggangnya.

3. Untuk membuat kukis hias, pastikan semua kukis sudah selesai kita panggang dan sudah punya bayangan ide2 dan siapkan warna2 yang menunjang ide kukis hiasnya, biar ga mati ide yach.

4. ROYAL ICING, ternyata teknik pembuatan RI ini juga ada beberapa macam diantaranya;

a. Kocok putih telur dan gula halus hingga menggembang, lalu masukkan gula kastor yang telah dicairkan dengan 3 sdm air (carikan hingga mendidih n gula larut) perlahan2 sambil terus dikocok sampe licin. RI siap digunakan. Tingkat konsistensi RI sesuai yang kita inginkan. Mencairkan RI dapat menggunakan perasan air jeruk, cuka atau air hangat. RI ini boleh tidak dipanggang tapi biar aman panggang aja.

b. Kocok putih telur, gula halus hingga mengembang n licin. Tingkat konsistensi juga sesuai yang kita inginkan. RI ini wajib dipanggang lagi untuk mematikan mikroba dalam putih telur.

c. Kocok putih putih telur n gula halus hingga tercampur rata dan letakkan kocokan RI di atas wadah yang berisi air panas dan terus dikocok hingga menggembang dan licin. RI ini tidak dipanggang juga tidak apa2, insya allah mikrobanya sudah mati yach, kalo ragu yang tetap bisa dipanggang lagi bentaran.

5. Tingkat konsistensi RI … RI untuk border dibuat tidak terlalu encer sedangkan untuk isian mesti cair tapi semua itu tergantung keinginan kita masing.

6. Pewarnaan RI. Pastikan RI yang belum digunakan sebaiknya dimasukkan dalam piping bag atau tetap di bowl tapi ditutup dengan plastik wrap. Sebaiknya RI yang akan diberi pewarna, dibuat dalam jumlah sedikit2 saja sesuai kebutuhan krn RI yang sudah diberi pewarna mesti segera digunakan dan cepat mencair atau berpisahnya warna n RI. Tips n triks : Warna yang akan dicampur dalam RI sebaiknya tidak terlalu banyak krn RI yang telah dicampur warna dan dimasukkan dalam piping bag lama kelamaan warnanya akan semakin tua plus kebanyakan warna akan membuat RI menjadi pahit.

7. Loli Pop Cookies, ada 2 macam teknik yang dapat kita lakukan :

~ Giling tipis2 adonan kukis lalu cetak. Letakkan adonan yang telah dicetak pada loyang yang telah diolesin tipis mentega, letakkan stik kayu/stik loli pop yang telah diolesin putih telur, tekan2 sedikit lalu timpa/pasangkan cetakan kukis lainya (satu model yach!). Kukis siap dipanggang.

~ Giling adonan kukis rada tebal lalu cetak. Letakkan adonan yang telah dicetak, lalu letakkan stik yang telah diolesi putih telur, tekan2 sedikit biar rekat, ambil sedikit adonan kukis lapisi stik tadi hingga rapi dan tidak keliatan. Kukis siap dipanggang

Perbandingan : 5 sdm meringue powder = 2 btr putih telur

NOTE : Tambahan penjelasan dari Mbak Emma tentang manfaat dan kegunaan air jeruk lemon pada RI

air jeruk merupakan salah satu alternatif jg untuk mengencerkan icing yang diharapkan icing cepat mengeras. karena kalau penambahan dengan air berlebihan , icing jg sulit mengeras kembali, kalaupun bisa perlu waktu lebih lama. Memang pengenceran yang umum hanya menggunakan air, air bisa hangat atau dingin. nah selain menggunakan air, bisa juga menggunakan air perasan lemon/lime. kenapa kita tidak pakai cuka, karena kalau cuka kita khawatirkan icing langsung cepat mengeras, cuka kan biasanya konsentrasinya lebih pekat dibanding dengan air lemon/lime ..kalau lemon cenderung lebih rendah. mungkin kalau kita pakai cuka bisa setelah diencerkan lebih dulu, jadi walaupun ditambahkan lebih banyak ke dalam icing, tidak cepat membuat icing mengeras, masih bisa toleran dengan waktu saat kita aplikasikan diatas kue.

Nah kenapa aku nggak sarankan pakai cuka, selain perlu pengenceran dulu, asam dan aroma cuka tidak senatural aroma asam lemon/lime dan tastenya agak beda dgn lemon/lime. jadi kalaupun kebanyakan menggunakan lemon/lime rasanya masih bisa kita nikmati dibanding menggunakan cuka, cuka kalau kebanyakan rasanya yang pasti asam dan bau asam yg cukup menyengat. itulah alasannya aku nggak menyarankan menggunakan cuka. tapi untuk mengeraskan icing memang cuka cukup bagus. semua itu sesuai keperluan dan selera masing2 aja, selain itu relatif lebih murah dibanding lemon/lime, apalagi untuk produksi masal, mungkin pemakaian cuka lebih tepat kali ya. tapi kalau aku lebih prefer pakai sesuatu yg natural..sekali lagi ini sesuai dengan selera kita aja.

penggunaan lemon dalam pencairan icing ini lebih tepat untuk efisiensi waktu saja apabila cookies tidak dipanggang lagi. kalau keenceran icingnya walaupun dipanggang hansilnya tidak sekokoh yang konsistensinya tepat. so..sekali lagi penggunaaan ini cuma lebih kepada efisiensi saja.Mohon maaf jika ada salah persepsi aku dalam penulisan tips n triks RI dan biar ga salah lagi aku copy imel mbak Emma.

2 thoughts on “Tips Cookies Hias

    • Hallo mba.. Itu kelamaan mba. Kalo saya biasanya cuma 5menitan gt,cuma sampe RI nya keras. Hope it helps yaa..
      Thank you for visitting.

      Regards,

      Dapurpedia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s