Martabak Manis Bara Pattiradjawane

Martabak Manis Bara Pattiradjawane

Source: melanie

Martabak Manis
Resep oleh : Bara Pattiradjawane

Bahan :
250 gram Tepung terigu
1 1/4 sdt Baking powder double acting (harus yang double acting – merk Hercules)
75 gram Gula pasir
1/4 sdt Garam
300-325 ml Air (saya pakai 325 ml)
1 btr Telur, dikocok lepas
1/4 sdt Vanilla ekstrak/vanilli bubuk

Taburan Isi:
Meises Coklat, Keju, Susu Kental Manis Putih atau sesuai selera.

Resep ini hasilnya 2 buah Martabak, dengan Teflon Ukuran 25 cm.

Cara membuat :
campur tepung terigu, baking powder double acting, gula, garam, aduk rata. Masukkan telur kocok, vanilla dan tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai tercampur rata dan halus.
Tuang adonan ke dalam loyang martabak/teflon (pan anti lengket) yang sudah dipanaskan (harus panas tapi jangan sampai berasap). Untuk teflon, gunakan api yang sangat kecil.
Tunggu sampai muncul gelembung/lubang-lubang kecil di permukaan adonan. Tutup loyang dengan penutup, tunggu sampai permukaan agak kering, lalu taburi gula secukupnya.
Setelah matang (bila permukaan martabak sudah kering dan pinggirannya berwarna kecoklatan), angkat dari api. Taburi dengan Meises Coklat, Keju, dan Susu Kental Manis atau sesuai selera. Lipat martabak dan keluarkan dari loyang martabak/teflon. Oleskan permukaan martabak dengan mentega/margarin.
Potong-potong Martabak. Sajikan Panas.

Note :
Resep ini hasilnya jadi 2 (dua) buah martabak dengan teflon ukuran 25 cm.
Menuangkan adonan ke teflon/loyang martabak jangan terlalu penuh, nanti bawahnya sudah gosong, permukaannya masih basah.
Baking Powdernya harus yang Double Acting (merk Hercules).
Bila menggunakan Teflon (pan anti lengket), jangan diolesi mentega/minyak (karena bagian bawah kulit jadinya tidak bagus). Gunakan api yang sangat kecil, agar bagian bawahnya tidak gosong. Untuk membuat pinggiran kulit martabak, harus dilakukan pada saat menuang adonan, dengan gerakan memutar teflon sampai adonan menyentuh tepi/dinding teflon. Sesekali Pan di angkat sedikit dari atas api, biar bagian kulit bawah warnanya merata. Bagian atas adonan harus berlubang-lubang kecil dan atasnya ditutup biar permukaannya cepat kering. Untuk melepaskan pinggiran kulit martabak dari teflon, ambil pisau atau sejenisnya yang ujungnya tajam, lalu coba tusuk salah satu pinggiran sampai lepas dari teflon, lalu gerakan pisau memutari teflon untuk melepaskan pinggirannya. Setelah semua terlepas dari teflon, lipat dua martabak. Keluarkan dari teflon.

20120329-144253.jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s