Cara menyimpan adonan roti

Bikin roti & donat2an buat keluarga sendiri memang menyenangkan. Tapi kalo tnyta hasilnya buanyuak banget padahal cuma 1/2 resep, kayanya sayang ya? Aku biasa gitu tuh..

Personil di rumah cuma ada 4. 2 dewasa, 1 little woman , 1 little baldy guy (baru dibotakin..hihi). Nah klo ngikutin resep2 yg dijual bebas (obat batuk kali), 1 resep yg pake 300-500gr tepung itu bisa jadi kira2 25 bijian. Bah! Mabok juga kan klo dsuruh makan sebanyak itu? Secara yg bisa makan banyak cm 2 orang. Udah gitu kan bapaknya kerja pula..jd yg habisin ya cuma akika sendiriiii .. Huft..

Mengantisipasi hal2 kaya gini, adonan nya disimpen aja di freezer.
Caranya, begitu habis diuleni, adonan lsg dimasukkan ke plastik bungkus rapat2. Begitu mau dipakai, tinggal dikeluarin deh. Nanti adonannya akan ngembang sendiri.

Cuma ya butuh waktu aga lama karena kan beku. Jd klo aku biasanya klo mo dimasak besok pagi, kira2 jam 12an malem udah aku kluarin dari kulkas. Itu klo adonannya mau dibikin lg dalam waktu lmyn lama (nunggu mood). Tapi klo mau dbikin lg dlm waktu kurang dr 10 jam, di masukin di kulkas biasa aja jg gpp kok. Itu akan menghambat sementara kerja si ragi.

Trus klo kira2 adonannya buanyuak bgt nian (lebay bgt bahasanya), bungkus adonannya dikit2 aja, kira2 sejumlah yg mai dibuat aja. Soalnya klo udah dicairin, ga blh dimasukin lg yaaa..

Nah, semoga tips di atas ngebantu yaa.. Kalo ada tambahan, monggo tolong ditambahkennn..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s