Bapao ayam

Resep yg ini sama aja sih sebenernya. Soalnya sumbernya kan sama. Tapi yg ini pake resep isi. Jadi copy dulu deh..

Cara ngebentuk biar jadi bentuk mawar, liat di sini yaa

Sudah di coba.. Dan hasilnyaaaaaa…. Eng ing enggggg… Lumayan enak & empuk.. Tapiiiiii… Punyaku ga putih,gara2nya makenya margarin. Pdhl, punya mentega putih 1kg tuh di kulkas.. Knp ga dipake? Soalnya baru ngeluarin tuh mentga waktu hbs ngembangin 1jam..jadi ya msh keras..takut tar fermentasinya klamaan,jadi ya lsg pake margarin deh..hix..gpp..next time deh..eniwey..jadinya begini ni..

Ingredients:
Bahan biang:
250 gram tepung hongkong
10 gram ragi instant (aku pakai 1 sachet isi 11 gram ragi instant merk Haan)
150 cc air

Bahan Adonan Utama Bakpao :
90 gr terigu hongkong
60 gr tepung terigu protein tinggi
70 gr gula halus
1 sdm baking powder
¼ sdt amoniak kue (gak pakai)
3 sdm air
50 gr mentega putih

Bahan isi:
1 buah dada ayam, potong dadu kecil
1 buah bawang bombay, cincang halus
4 buah bawang putih, geprek, rajang halus
1 cm jahe, kupas, iris halus
1 sdm angkak merah, seduh air panas 2 kali, haluskan (bisa tidak dipakai, tapi warna ayam jadi gak merah)
2 sdm saos tiram
2 sdm kecap manis
1 sdm minyak wijen
1 sdt garam
1 sdt gula
1/2 sdt merica bubuk
2 sdm minyak untuk menumis
100 ml air

Directions:
Cara membuat isi:
– campur ayam, angkak halus, dan bumbu2. Biarkan 30 menit
– tumis bawang putih sampai harum, masukkan bawang bombay, tumis layu
– masukkan ayam dan bumbu, tumis sampai ayam matang
– tuang air, masak dengan api kecil sampai air mengering.
– angkat sisihkan

Cara membuat bakpao:
– Campur semua bahan untuk biang, uleni sampai tidak lengket di tangan (kurang lebih 10 menit). Diamkan biang selama 1 jam atau sampai mengembang 2 kali.
– Masukkan bahan adonan utama ke dalam biang biang bakpao. Uleni sampai kalis.
– Timbang adonan sebesar 20-25gr (aku bikin 30 gram, jumbo!)
– Tipiskan, bentuk menjadi bulat. Letakkan isi bakpao ke tengah2x adonan.
– Kukus bakpao selama 15 menit.

20120309-110206.jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s